Contoh Paragraf Deduktif dan Paragraf Induktif

contoh-paragraf-deduktif-dan-paragraf-induktif


Pada mata pelajaran Bahasa Indoensia kita akan sering menemukan paragraf deduktif dan induktif. Pengertian dari paragraf deduktif adalah paragraf yang kalimat utamanya terletah di awal paragraf tersebut. Pola yang dimiliki paragraf deduktif yakni paragraf dengan pola umum ke khusus. Sedangkan untuk paragraf induktif yakni sebaliknya, paragraf induktif adalah paragraf yang kalimat utamanya terletak diakhir. Pola dari paragraf induktif ialah khusus ke umum. Adapun persamaan dari paragraf deduktif dan juga paragraf induktif yakni sama-sama memiliki kalimat utama dan juga kalimat penjelas. Berikut ini merupkan beberapa contoh paragraf deduktif dan juga paragraf induktif. Selamat membaca.
Terjadinya banjir dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya banjir sangatah banyak. Curah hujan yang tinggi dapat menyebabkan banjir. Membuang sampah sembarangan juga dapat menyebabkan banjir dikarenakan terhambatnya aliran air oleh tumpukan sampah yang menyumbat aliran. Selain itu terbatsnya lahan resapan air sehingga air tidak bisa meresap ke tahan. 
*Kalimat yang ditebalkan artinya kalimat tersebut merupakan kalimat utama dan yang lainnya merupakan kalimat penjelas. Kalimat utama terletak pada awal paragraf.
Contoh paragraf deduktif dengan tema Pendidikan.
Kenakalan remaja sangat meresahkan warga. Banyak dampak negative yang terjadi karena kenakalan remaja. Dampak yang ditimbulkan dari kenakalan remaja, sering membolos sekolah mengakibatkan rendahnya semangat anak untuk belajar. Sering berkelahi atau terlibat tawuran, anak tidak berkonsentrasi dalam belajar selain itu juga merugikan orang disekitarnya. Tak hanya orang disekitarnya yang dirugikan dirinya sendiri ikut menanggung kerugiannya.
*Kalimat yang ditebalkan artinya kalimat tersebut merupakan kalimat utama dan yang lainnya merupakan kalimat penjelas. Kalimat utama terletak pada awal paragraf.
Contoh paragraf induktif dengan tema kesehatan.
Kunyit memiliki kasiat untuk menghiilangkan bau amis dari ikan yang sangat menyengat. Kunyit juga dapat digunakan sebagai obat tradisional, maka kunyit termasuk tumbuhan obat atau apotik hidup. Selain itu kunyit dapat dijadikan sebagai bahan kecantikan untuk menghilangkan bau badan. Itulah manfaat dari tanaman kunyit yang sangat bermanfaat untuk manusia. 
*Kalimat yang ditebalkan artinya kalimat tersebut merupakan kalimat utama dan yang lainnya merupakan kalimat penjelas. Kalimat utama terletak pada akhir paragraf.
Contoh paragraf induktif dengan tema Pendidikan.
Penddikan tidak lepas dari penggunaan internet. Internet mempermudah siswa dalam mendaparkan informasi dan pengetahuan. Internet juga dapat diakses dimana saja tanpa mengenal waktu dan tempat. Sehingga siswa dapat belajar dimana saja dan kapan saja. Banyak hal positif yang didapat kan dari internet.
*Kalimat yang ditebalkan artinya kalimat tersebut merupakan kalimat utama dan yang lainnya merupakan kalimat penjelas. Kalimat utama terletak pada akhir paragraf.
Demikianlah penjelasan mengenai paragraf deduktif dan paragraf induktif. Semoga apa yang telah kami sampaikan dapat bermanfaat. Jika ada kepuasan atau kebingungan silakan komen pada laman kami. Terima kasih.







Contoh Paragraf Deduktif dan Paragraf Induktif Contoh Paragraf Deduktif dan Paragraf Induktif Reviewed by bentang bahasa on Januari 04, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.