Puisi Tentang Lingkungan

puisi-tentang-lingkungan


Sudahkah kalian mengetahui mengenai apa itu puisi teman-teman? Jangan kawatir bagi kalian yang belum tahu dan kalian yang ingin lebih tahu kalian dapat membaca mengeni puisi di sini. Agar lebih jelasnya silahkan di baca selengkapnya.

Pengertian Puisi

Puisi adalah ungkapan perasaan seseorang yang ditulis seorang penyair dan dirangkai menggunakan pilihan kata (diksi) dan tulisannya mengandung makna. Penulisan puisi juga menggunakan imajinasi dari penyair agar tulisan yang dihasilkan dapat indah dan dinikmati oleh banyak orang sebagai suatu karya sastra.

Puisi berdasarkan lama waktunya dapat dibedakan menjadi dua, yakni puisi lama dan uisi baru. Adapun ciri-ciri puisi lama yakni puisi lama tidak dicantumkan nama pengarangnya. Selain itu puisi lama juga terikat dengan aturan seperti jumlah baris tiap bait dan juga jumlah tiap suku kata. Untuk puisi baru lebih dibebaskan tidak terikat dengan aturan dan juga dicantumkan nama dari pengarang puisi.

Tema-tema dari puisi ditulis atau diambil dari permasalahan ataupun kegiatan sehari-hari. Beberapa tema yang dapat dijadikan sebagai tema puisi yakni kemanusian, pertemanan, kekeluargaan, percintaan maupun penderitaan. Berikut adalah contoh puisi yang menggambarkan mengenai lingkungan.. puisi ini menceritakan keadaan disekitar yang berhubungan dengan lingkungan, khususnya menceritakan mengenai bunga melati. Selamat membaca teman.


Bungaku, Melati

Kulihat sekeliling taman
Warna-warni indah bunga yang bermekaran
Pohon-pohon hijau tumbuh tinggi dan lebat
Sunggh indah taman di rumahku

Bunga yang wangi dan indah, melatiku
Sungguh kau bunga yang sangat harum
Warnamu yang puitih sangat cantik
Tak ada bunga yang indah selain dirimu

Kau sangat bermanfaat untuk manusia
Kau dapat dijadikan sebagai minyak wangi
Kau dapat dijadikan sebagai pengharum ruangan
Kau juga dapat menghias kebunku dengan warna cantikmu

-Tema : Lingkungan
-Judul : Bungaku, Melati
-Ranguman: bunga melati adalah salah satu bunga yang indah dan cantik. Warnanya putih dan baunya sangat harum. Melati memiliki banyak manfaat diantaranya, baunya yang wangi dapat dijadikan minyak wangi dan pengharum ruangan.


Puisi Tentang Lingkungan Puisi Tentang Lingkungan Reviewed by bentang bahasa on Desember 13, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.