Puisi Keluarga

puisi-keluarga


Hai kawan, apa yang kamu pikirkan mengenai cara penulisan puisi? Kamu masih kebingungan bagaimana cara menulis puisi? Tenang, disini kami akan menampilkan contoh puisi dengan tema Keluarga. Sebelumnya kamu sudah tahu belum apa itu Puisi? Nah kita lihat terebih dahulu yuk pengerian dari puisi.
Puisi merupakan salah satu karya sastra yang memiliki struktur kata yang indah dan didalamnya menggunakan pilihan kata atau diksiPuisi berdasarkan lama waktunya dapat dibedakan menjadi dua, yakni puisi lama dan puisi baru. Adapun ciri-ciri puisi lama yakni puisi lama tidak dicantumkan nama pengarangnya. Selain itu puisi lama juga terikat dengan aturan seperti jumlah baris tiap bait dan juga jumlah tiap suku kata. Untuk puisi baru lebih dibebaskan tidak terikat dengan aturan dan juga dicantumkan nama dari pengarang puisi. 
Tema-tema dari puisi ditulis atau diambil dari permasalahan ataupun kegiatan sehari-hari. Beberapa tema yang dapat dijadikan sebagai tema puisi yakni kemanusian, pertemanan, kekeluargaan, percintaan maupun penderitaan. 
Nah Kawan, setelah kalian mengatahui pengertian puisi dan juga perbedaan puisi lama dan puisi baru kalian bisa membaca contoh puisi baru yang bertemakan mengenai keluarga. Selamat membaca.

Keluargaku

Pagi ku cerah..
Rumahku yang indah dan megah
Tempat berkumpulnya keluargaku
Indahnya kebersamaan

Ceria, tertawa dan bercanda bersama
Sedih senang selalu bersama
Ayah, ibu yang selalu memberi kasih sayang
Kakak adik yang selalu ku cinta

Sungguh sangat nyaman keluargaku
Oh Bahagia keluargaku..
Oh keluargaku..

Rangkuman:
-Tema : kekeluargaan
-Judul : Keluargaku
-Amanat: keluargamu adalah tempat dimana kamu mendapatkan kasih sayang. Jangan pernah menyia-nyiakan keluargamu.

Bagaimana kawan sudah mengerti mengenai puisi kah? Ayo tulis puisimu jangan takut karena sudah ada contoh puisi di atas. Tuliskan apa saja yang ingin kamu ungkapkan agar puisimu semakin menarik kawan! Jangan takut salah! Semoga apa yang telah kami sampaikan dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian tentang puisi. Jangan takut mencoba kawan dan selamat mencoba! Terima Kasih.
Puisi Keluarga Puisi Keluarga Reviewed by bentang bahasa on Desember 02, 2017 Rating: 5

5 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.