Contoh Surat Undangan - Nonformal

contoh-surat-undangan

Kesulitan membuat undangan nonformal? Berikut beberapa informasi mengenai undangan. Selamat membaca.

UNDANGAN NONFORMAL
Sebelum menuju ke undangan nonformal alangkah lebih baiknya kita mengetahui mengenai perbedaan antara undangan formal dan undangan nonformal. Ada beberapa perbedaan antara undangan formal dan unangan nonformal. Perhatikan tabel di bawah ini!
No
Perbedaan
Undangan Formal
Undangan Nonformal
1.
Kop undangan
Ada
Ada
2.
Nomor undangan
Ada
Tidak ada
3.
Lampiran
Ada
Tidak ada
4.
Perihal atau hal
Ada
Tidak ada
5.
Tanggal undangan
Ada
Ada
6.
Alamat yang dituju
Ada
Ada
7.
Salam pembuka
Ada
Ada
8.
Pembuka
Ada
Ada
9.
Isi undangan
Ada
Ada
10.
Penutup
Ada
Ada
11.
Salam penutup
Ada
Ada
12.
Identitas pengirim
Ada
Ada
Dengan mengetahui bagian-bagian dari masing-masing undangan formal maupun nonformal kita dapat membedakan undangan formal dan norformal. Agar lebih jelasnya kita akan belajar mengenai bagian-bagian dari undangan nonformal. Selamat melanjutkan.
Bagian-bagian undangan nonformal dan fungsinya:
  1. Kop Undangan atau kepala undangan. Kop atau kepala undangan memiliki fungsi sebagai petunjuk ataupun memberikan informasi terkait dengan acara apa yang akan diadakan.
  2. Tanggal undangan. Penulisan tanggal undangan berfungsi untuk mengetahui kapan undangan tersebut di kirim bukan kapan undangan tersebut di buat. 
  3. Alamat undangan. Alamat undangan berfungsi sebagai petunjuk bagi penerima undangan dan juga pembagi undangan.
  4. Salam pembuka. Salam pembuka berfungsi sebagai pendahuluan sebelum menju ke isi undangan.
  5. Isi Undangan. Isi undangan berfungsi sebagai petunjuk mengenai kapan, dimana dan acara apa yang akan diselenggarakan.
  6. Penutup. Penutup berfungsi sebagai akhiran dalam undangan.
  7. Salam penutup. Salam penutup menunjukkan keakraban dan rasa hormat dari pembuat undangan.
  8. Identitas pengirim. Identitas pengirim berfungsi agar mempermudah penerima dalam mengetahui bahwa acara diselenggarakan oleh pihak yang memiliki acara.
Nah itulah bagian-bagian dari undangan nonformal dan juga fungsinya. Berikutnya adalah contoh undangan nonformal dengan agenda acara Khajatan warga. 
Contoh undangan nonformal. Undangan Khajatan Warga
Diatas sudah dijelaskan terkait dengan undangan formal dan undangan nonformal, bagian-bagian dari undangan nonformal serta contoh undangan nonformal. Bagiamana apakah masih kebingungan dengan penulisan undangan nonformal? atau masih kebingungan dalam memberdakan undangan foral dan nonformal? Cermati sekali lagi! Jangan pernah menyerah untuk selalu belajar. 
Semoga apa yang telah kami sampaikan dapat bermanfaat bagi anda dan semoga pengetahuan dan wawasan kita dapat bertambah. Terima kasih.

Contoh Surat Undangan - Nonformal Contoh Surat Undangan - Nonformal Reviewed by bentang bahasa on Desember 03, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.